F-16

F-16

Selasa, 17 Maret 2015

Galeri Jupiter Aerobatic Team


Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara atau Jupiter Aerobatik Team disingkat JAT adalah salah satu tim aerobatik milik TNI Angkatan Udara dalam bentuk Skadron khusus yang terbentuk sejak tahun 1996. Awalnya, tim ini hanya menggunakan empat pesawat Hawk MK-53. Namun, JAT sempat vakum sejak tahun 2002 dan mulai muncul kembali tahun 2008 dengan pesawat KT-1B Woong Bee buatan Korsel. Tim ini menggunakan nama JUPITER sebagai call sign atau panggilan para Instruktur terbang TNI-AU. Semua anggotanya adalah Instruktur terbang. Pertunjukan pertama di depan umum dilakukan pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan kedua di Jakarta pada November 2008. Sebanyak 8 pesawat latih KT-1B Woong Bee yang dicat warna Merah-Putih, menjadi bagian tim ini

Berikut ini beberapa foto dari the Jupiter Aerobatic Team.


Bomb Burst
Ini dia manuver 'bomb burst' Jupiter Aerobatic Team yang bikin jantung berdebar debar.


Tak jarang juga, para pilot JAT melakukan selfie ketika sedang terbang. terbukti dari foto-foto yang mereka unggah di blog Jupiter. Terlihat pemandangan pantai dari kokpit KT-1B yang jelas.


Yap, mereka adalah para penerbang di Jupiter Aerobatic Team TNI-AU yang berbasis di Lanud Adisucipto Yogyakarta.


Wuhuuuu, ini salah satu manuver yang ditunggu tunggu saat airshow yaitu manuver 'mirror'. manuver ini membutuhkan kemampuan yang khusus dari para pilotnya dan mereka sudah berlatih dalam waktu yang lama tentunya.

Sekian, semoga bisa menghibur  :)
                                                                                        (foto diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar